cara memandikan bayi

>> Jumat, 17 September 2010

Mungkin ibu-ibu yang baru pertama kali punya bayi, merasakan sensasi yang berbeda atau pun agak sedikit takut untuk memandikan bayinya, nahhh berikut ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya saat memandikan putri kecil saya sewaktu ia masih bayi. Terus terang saat putri kecil saya masih bayi, saya juga agak sedikit takut memandikan bayi, takut kenapa??????? Takut kalau-kalau bayi saya jika dimandikan, kulitnya agak sedikit licin karena penggunaan sabun bayi sehingga bayi bisa terpleset dalam bak mandi, nahhhh hal itulah yang saya takutkan. Lalu mertua saya yang sudah berpengalaman mengajari saya bagaimana cara memandikan bayi agar kita tidak merasa waswas saat memandikan bayi dan bayi kita pun merasa nyaman bila sedang dimandikan.
Berikut paparan bagaimana cara memandikan bayi agar ia merasa nyaman dan kita pun tidak merasa waswas lagi. Pertama, siapkan bak mandi bayi yang sudah diberi campuran air hangat-hangat kuku diberi sedikit baby oil, gunanya agar kulit bayi menjadi halus dan lembut, siapkan perlak atau alas untuk tempat mengusapkan sabun mandi ke tubuh bayi, dan tak ketinggalan siapkan sabun cair bayi dan handuk yang agak sedikit tebal agar bayi tidak kedinginan. Kedua ambil bayi, lepas semua pakaian yang melekat pada tubuh bayi, lalu pegang tangan kiri bayi dan belakang kepala bayi dengan cara memakai tangan kiri kita, punggung tangan mendekap belakang kepala bayi dan telapak tangan memegang lengan bayi bagian kiri kemudian tangan kanan kita bertugas memegang pantat bayi sambil menyirami bayi dengan air, setelah bayi agak basah letakkan bayi pada perlak lalu ambil sedikit sabun cair bayi lalu gosok-gosokkan pada telapak tangan hingga berbusa dan usapkan perlahan pada tubuh bayi. Setelah semua bagian tubuh bayi terkena sabun, pegang bayi secara berhati-hati dengan cara seperti dipaparkan di atas pada saat membasahi tubuh bayi dan bersihkan tubuh bayi dari sisa-sisa sabun mandi yang masih melekat pada tubuh bayi, lakukan perlahan karena kulit bayi masih agak licin. Setelah tubuh bayi bersih dari sisa-sisa sabun mandi, keringkan tubuh bayi dengan menggunakan handuk halus dan tebal khusus untuk bayi, nahhhh,,,,,,,,,, setelah tubuh bayi kering siap untuk diberi bedak bayi. Itulah ibu-ibu yang bisa saya bagikan buat para ibu-ibu sekalian, sebagai pengalaman saja koq, semoga berguna buat para ibu-ibu muda yang masih takut atau pun canggung untuk memandikan bayi mereka.

1 komentar:

Anonim,  19 November 2010 pukul 20.33  

wow...info yang mantap buat ibuk2.....

Posting Komentar

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP